Sakura Rain

Senin, 07 Oktober 2013

Mengembalikan Data yang Hilang


        Suatu hari, saya meggunakan flashdisk saya untuk menge-print tugas kelompok di Koperasi Mahasiswa kampus saya. Saat membuka folder pada flashdisk, saya melihat ada folder-folder yang dulu pernah saya miliki tapi anehnya folder itu semua sudah saya hapus . Karena saya sangat terburu-buru, takut tidak sempat bertemu dosen yang bersangkutan, maka saya pun tidak menghiraukannya. 
       Setelah sampai dirumah saya pun berniat untuk meng-edit power point yang berada pada flashdisk untuk presentasi keesokan harinya. Namun, betapa kagetnya saya, saat melihat flaskdisk saya dinyatakan empty alias kosong. Rasanya kaget, bingung dan pengen nangis --_-- karena semua folder penting setiap mata kuliah ada disana semua dan tidak ada copy-annya. Apalagi untuk dua hari kedepan saya harus presentasi kelompok. Dan yang lebih parahnya lagi data kelompok itu disimpan di flashdisk saya. Ya ampun apa yang harus saya lakukan!!!! 
Masa harus bikin lagi
         Akhirnya saya pun tanya ke mbah gooooooogle. Ternyata flash disk saya kea virus dan datanya di hide oleh virus itu. Setelah cari sana sini, alhasil ketemulah solusinya ......
           Nah gini nih caranya biar data yang di hide virus itu muncul lagi :
  1. Scan flash disk/hard disk external anda menggunakan anti virus yang anda punya lalu musnahkanlah virus tersebut.
  2. Buka Windows Explorer.
  3. Pilih menu Folder Option di toolbar Tools.
  4. Pada jendela Folder Options, pilih View.
  5. Pada kotak Advanced Settings, hilang kan centang pada 3 pilihan :
    - Hide empty drives in the computer folder
    - Hide Extensions for known file types
    - Hide protected operating system files (recommended) untuk pilihan ini akan ada warning dari windows. tekan yes saja. Setelah itu pilih Show hidden files and Folders
  6. Lalu klik OK.
  7. Buka cmd command (buka Run lalu ketik "cmd").
 
  1. Masuklah ke drive dimana flash disk anda terbaca di system. Misalkan flash disk anda berada di drive G:\, anda bisa gunakan command DOS dengan mengetik “G:” lalu Enter untuk pindah drive.
  2. Setelah masuk ke drive G:\ ketikan command “attrib -h -s *.* /S /D ,lalu Enter.
  3. Tunggu proses, lamanya tergantung banyaknya folder yang terdapat di drive anda tersebut.
  4. Jika prompt G:\ sudah muncul lagi, itu menandakan proses telah selesai. 
  5. Anda tinggal melihat flash disk anda, maka data pun kembali lagi.

Semoga artikel ini dapat bermanfa'at bagi siapa saja yang membacanya. Terima kasih atas kesediaan Anda untuk mengunjungi blog saya. Baca juga artikel lainnya ya ........ Jangan lupa tinggalkan komentar Anda guna semakin baiknya postingan saya berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar